Katajiwa

Majalah Kebudayaan

Menjadi Jin

aku telah memutuskan menjadi jin. sekalipun satu kematianmu

melahirkan sepi seribu tahun. dan kelahiran tak membuatmu ingat

pada apa pun. pada suatu malam yang tinggal separuh aku telah

memutuskan. menjadi jin. bersedia setia di dalam lampu agar kau

bisa memanggilku suatu waktu. agar aku tak perlu cemburu saat kau

lahir sebagai kekasih sebatang pohon, atau ikan di dasar laut,

atau pria yang menikahi istriku.

 

aku telah memutuskan menjadi jin. menukar segala keinginan

dengan ingatan yang melampaui mula penciptaan. ketika matahari

sudah terlalu tua kita akan tiba-tiba saling mengenal. apa kabarmu?

kau menepuk punggungku dari belakang.

 

pada suatu malam aku sedang jadi belut dalam sepetak sawah di

bawah bulan yang pucat. seorang anak lelaki datang diutus

kelaparan. matanya, ya, matanya. rasanya aku pernah mengenalmu.

dalam hampa yang tak dapat diingat, antara cahaya-cahaya yang melesat.

 

Purworejo, 2012

 

Oleh Inung Imtihani

Leave a Reply

Information

This entry was posted on April 1, 2012 by in Puisi.
